NAME :
Hoiriyanto
NIM : D05216012
CAMPUS : State Islamic University of Surabaya
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama
Sekolah : MTs Budi Dharma
Surabaya
Mata
Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : VII / 1
Materi
Pokok : Introduction
Alokasi
waktu : 2 X 40 menit
A. Tujuan
Pembelajaran:
1. Peserta didik mampu
mengamati ungkapan atau tutur kata yang digunakan dalam introduction.
Introduction adalah cara peserta didik memperkenalkan diri kepada orang lain.
misalnya, nama, alamat, umur, hobi, dan lain sebagainya.
2. Peserta didik mampu mengidentifikasi
ungkapan yang digunakan dalam introduction. Misalnya ungkapan “good morning”
adalah ungkapan sapaan, “good bye” adalah ungkapan perpisahan, “nice to meet
you” adalah ungkapan rasa senang atau bahagia.
3. Peserta didik mampu
membuat percakapan pendek (short conversation) dalam menggunakan ungkapan
self-introduction secara personal maupun kelompok.
4. Peserta didik mampu
menggunakan struktur teks dan unsur kebahasaan ungkapan introduction dengan
benar dan tepat. Struktur teks dalam introduction adalah di mulai dengan nama,
tempat tanggal lahir, alamat, dan lain sebagainya.
B. Kompetensi
Dasar dan
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Dasar (KD)
|
Indek
Pencapaian Komulatif (IPK)
|
3.2 Mengidentifikasi fungsi sosial, struktur
teks, dan unsur kebahasaan teks interaksi transaksional lisan dan tulis yang
melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi terkait jati diri, pendek
dan sederhana, sesuai dengan konteks penggunaannya. {Perhatikan unsur
kebahasaan dan kosa kata terkait hubungan keluarga; pronoun (subjective,
objective, possessive).
|
3.2.1 Peserta
didik melakukan mengidentifikasi struktur teks dalam introduction.
3.2.2 Peserta didik dapat bertukar informasi
tentang jati diri, keluarga kepada orang lain.
3.2.3 Peserta didik dapat membuat teks introduction secara baik dan
benar.
|
4.2 Menyusun teks interaksi transaksional lisan dan tulis sangat
pendek dan sederhana yang melibatkan tindakan memberi dan meminta informasi
terkait jati diri, pendek dan sederhana, dengan memperhatikan fungsi sosial,
struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
4.2.1 Peserta didik
mampu memberikan informasi terkait jati diri kepada orang lain.
4.2.2 Peserta didik
mampu menyusun teks dalam bentuk interaksi transaksional baik secara tulisan
dan lisan.
4.2.3 Peserta didik
dapat mengetahui struktur dari teks introduction dan unsur kebahasaan yang
baik dan benar.
|
C. Materi
Pembelajaran:
Saat memperkenalkan diri (introduction) kepada orang lain, biasanya yang
pertama kita ucapkan adalah salam (greeting), kemudian kita mengenalkan nama,
tempat tinggal, usia, alamat, hobi, dan lain-lain.
Berikut adalah contoh cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris:
Berikut adalah contoh cara memperkenalkan diri dalam Bahasa Inggris:
Hi, good morning every one! My name is Mia. I come from Bandung.
I live in Margahayu. I live with my family. I am thirteen years old. I was born
in Bandung on February 22nd, 2003. I study in SMPN Bandung 5. My father’s name
is Andy and my mother’s name is Susan. I have two older sisters and one little
brother. My telephone number is 081565851.
My hobby is swimming. My favorite color is red. My favorite
subject is Indonesian. My favorite food is toast and my favorite drink is milk.
My favorite fruit is apple and my favorite vegetable is potato.
1. Introducing yourself the responses, there is a range of
ways to introduce yourself to people.
Introducing yourself: Here are expressions to introduce yourself:
• My name is …
• I’m ….
• Nice to meet you; I come from…..
• Pleased to meet you; I’m ….
• Let me introduce myself; I’m …
• I’d like to introduce myself; I’m … Useful responses
• Hi. I’m Nita
• Hello, Ahmad. I’m Faiz. Glad to see you
• Hi. Nita. I’m faiz. I’m from Salatiga.
Introducing yourself: Here are expressions to introduce yourself:
• My name is …
• I’m ….
• Nice to meet you; I come from…..
• Pleased to meet you; I’m ….
• Let me introduce myself; I’m …
• I’d like to introduce myself; I’m … Useful responses
• Hi. I’m Nita
• Hello, Ahmad. I’m Faiz. Glad to see you
• Hi. Nita. I’m faiz. I’m from Salatiga.
2. Introducing others The responses
Introducing others: Here are expressions to introduce others:
• Jack, please meet Nicolas.
• Jack, have you met Nicolas?
• I’d like you to meet Liza.
• I’d like to introduce you to Betty.
• Leila, this is Barbara. Barbara this is Leila. Useful responses other people:
• Nice to meet you.
• Pleased to meet you.
• Happy to meet you.
• How do you do?
Introducing others: Here are expressions to introduce others:
• Jack, please meet Nicolas.
• Jack, have you met Nicolas?
• I’d like you to meet Liza.
• I’d like to introduce you to Betty.
• Leila, this is Barbara. Barbara this is Leila. Useful responses other people:
• Nice to meet you.
• Pleased to meet you.
• Happy to meet you.
• How do you do?
3. Leave-taking Responding:
• Goodbye.
• Sorry, I must go now.
• Take care.
• Goodnight, Laela.
• Have a nice day. • Bye bye.
• O.K see you.
• Thanks.
• Sure. Thank you.
• Goodnight, Laela.
• Goodbye.
• Sorry, I must go now.
• Take care.
• Goodnight, Laela.
• Have a nice day. • Bye bye.
• O.K see you.
• Thanks.
• Sure. Thank you.
• Goodnight, Laela.
4. Greetings The Responses greetings:
• Hello!
• Hello! Good morning etc
• How are you?
• How are you doing?
• How is everything?
• How’s everything going?
• How have you been keeping?
• I trust that everything is well.
• Hi.
• What’s up?
• Good to see you.
• How are things (with you)?
• How’s it going?
• How’s life been treating you? Responses
• Very well, thank you and how are you
• I’m good/okay/alright
• Very well. Thank you.
• Goodmorning
• I’m fine
• I’m fine too
• Fine, thanks
• Not to bad, thanks
• Oh pretty good
• Exellent
• Hello!
• Hello! Good morning etc
• How are you?
• How are you doing?
• How is everything?
• How’s everything going?
• How have you been keeping?
• I trust that everything is well.
• Hi.
• What’s up?
• Good to see you.
• How are things (with you)?
• How’s it going?
• How’s life been treating you? Responses
• Very well, thank you and how are you
• I’m good/okay/alright
• Very well. Thank you.
• Goodmorning
• I’m fine
• I’m fine too
• Fine, thanks
• Not to bad, thanks
• Oh pretty good
• Exellent
5. Untuk membuat introduction menggunakan Past tense.
Positif: Subjek + V2
Negatif: Subjek + Did not + V1
Pertanyaan: Did + Subjek + V1 +?
Positif: Subjek + V2
Negatif: Subjek + Did not + V1
Pertanyaan: Did + Subjek + V1 +?
D. Metode
Pembelajaran:
Dalam metode pembelajaran ini guru
menggunakan metode Grammar Translation Method (GTM). Grammar Translation Method
adalah metode penerjemah disaat peserta didik tidak tahu mengenai kalimat atau
kata dalam Bahasa Inggris. Dengan metode ini guru dapat membantu peserta didik
untuk menerjemahkan kalimat atau kata yang sulit mereka pahami.
E. Sumber Belajar
Berikut beberapa sumber untuk menunjang
dalam kegiatan belajar mengajar:
1. Buku:
Judul
Buku : Bahasa Inggris ”when english
rings a bell” kelas 7.
Pengarang : Yuli Rulani K, Asep Gunawan dan Siti
Wachi.
Penerbit : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan
Tahun : 2014
2. Youtube:
Judul Video : How to introduce yourself
Uploded by
: Candy Line
Tahun
: 2015
3. Link:
F. Langkah-Langkah Pembelajaran
Terdapat tiga komponen dalam menentukkan
langkah-langkah pembelajaran, yaitu:
1. Pendahuluan
2. Inti
3. Penutup
Langkah Langkah Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Alokasi Waktu
|
Guru
|
Peserta Didik
|
Alokasi Waktu
|
|
Opening
|
-Guru mengintruksikan
kepada peserta didik untuk berdoa sebelum memulai pelajaran.
-Guru memberi salam kepada
para peserta didik.
- Guru mempresensi
kehadiran peserta didik dengan cara di panggil namanya satu persatu.
-Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran.
-Guru menginformasikan model pembelajaran
yang digunakan selama pembelajaran.
-Guru memberikan penugasan kepada siswa
secara individu.
|
-Peserta didik berdoa bersama-sama.
-Peserta didik menjawab salam dari guru.
-Peserta didik mengangkat tangan ketika nama mereka di panggil.
-Peserta didik mendengarkan penjelasan dari guru.
-Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru.
-Peserta didik memperhatikan penjelasan dari guru.
|
20 menit
|
Inti
|
-Guru menugaskan kepada siswa untuk membuat
teks tentang cara memperkenalkan diri secara baik dan benar.
-Guru meminta siswa untuk membacakan hasil
teks yang telah dibuat di depan kelas.
-Guru meminta para siswa untuk memperhatikan
temannya yang maju di depan kelas.
|
-Peserta didik membuat teks perkenalan diri (introduction).
-Peserta didik membacakan hasil teks perkenalan diri di depan
kelas.
-Semua peserta didik memperhatikan temannya yang maju ke depan.
|
50 menit
|
Penutup
|
-Guru meminta siswa untuk menyimpulkan tentang materi
pembelajaran yang telah di pelajari.
-Guru mengintruksikakn peserta didik untuk berdoa sebelum
pulang.
-Guru memberikan salam kepada para peserta didik.
|
-Peserta didik menyimpulkan tentang materi yang telah mereka
pelajari.
-Peserta didik berdoa bersama-sama.
-Peserta didik menjawab salam dari guru.
|
10 menit
|
G. Penilaian
Rubrik Penilaian Sikap
Aspek yang dinilai:
· Speaking, Writing
dan Performance
|
||||
Aspek
|
SB (4)
|
B (3)
|
C (2)
|
K (1)
|
Speaking
|
Peserta didik memiliki pronunciation
yang jelas dan intonasi yang baik.
|
Peserta didik memiliki intonasi yang
baik namun pronunciation tidak jelas.
|
Peserta didik memiliki intonasi yang
baik dan jelas
|
Peserta didik memilik pronunciation
yang tidak jelas dan intonasi yang terlalu cepat.
|
Writing
|
Siswa mampu bekerjasama dalam diskusi
bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
Siswa mulai mampu bekerjasama dalam
diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
Siswa belum mampu bekerjasama dalam
diskusi bersama temannya yang memiliki keragaman latar belakang
|
|
Disiplin
|
Siswa
selesai membuat
laporan diskusisebelum waktu yang ditentukan
|
Siswa selesaimembuat laporan
diskusi tepat padawaktu yang
ditentukam
|
Siswa selesaimembuat laporan
diskusi setelah 1-2 menit dari waktu yang ditentukan
|
Siswa selesaimembuat laporan
diskusi setelah ≥ 3 menit dari waktu yang ditentukan
|
Keterangan:
Skor maksimum = 12
Nilai= (skor yang diperoleh/skor
maksimal) x 100%
Surabaya, 16 Mei 2018
Mengetahui
Kepala Sekolah
Guru Mata pelajaran Kimia
Drs. H.
Usman, M.M Edy
Sabara, S.Pd.
NIP. 19670524198621005
NIP. 197607242005021002
Note: Copas boleh, tapi budayakan untuk menyertakan source nya dengan begitu Anda belajar untuk menghargai karya orang lain!!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar