Minggu, 26 Oktober 2014

Risalah Islam

Haii… sobat semua jumpa lagi dengan saya “hehehe”
hari ini, Sabtu 25 oktober 2014 adalah tahun baru islam dalam kalender hijriyah. Sebelum aku memulai catatan ku kali ini, terlebih dulu aku mau ucapin selamat tahun baru Islam ya ke 1436H untuk semua orang –orang mukmin dimanapun kalian berada. Semoga kita semua bisa menjadi hamba Allah yang lebih baik lagi untuk kedepannya, diampuni segala dosa, dan semoga kita selalu berada di lindungan Allah dalam kebenaran Islam.


Hari inikan tahun baru islam, jadi topik catatan yang mau aku bahas kali ini adalah seputar tentang islam “hehehe.”  Apa yang kalian ketahui tentang islam? Sudah islam sungguhan atau hanya sebatas tercantung di ktp semata? Entah lah hanya  yang tau dan bisa merasakan hal itu.
Disini saya akan menulis atas dasar apa yang aku tau dari buku yang pernah aku baca, jadi gak asal buat terus jadi, melainkan ada hal-hal yang harus benar adanya, oke aku mulai :

Islam adalah agama Allah yang di turukan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai Nabi dan Rasul-Nya yang terakhir untuk menjadi pedoman hidup bagi seluruh umat manusia hingga di akhir zaman nanti.
pernah kah terbesit tanya di pikiran kalian, kenapa agama islam Allah turunkan di Mekkah? Mungkin diantara kalian sudah ada yang sudah tau dan mungkin juga ada yag belum tau. Bagi yang belum tau, biar aku beritahu kalian. Agama islam di turunkan Allah di kota Mekkah karna pada masa itu orang-orang yang mendiami kota Mekkah adalah orang-orang  jahiliyah yakni orang-orang memiliki ahklak yang sangat buruk. Oleh karna itu Allah menurunkan agama islam (agama yang di rahmat-Allah) sebagai penyelamat atau penuntun kehidupan mereka di dunia dan akhirat.

Agama islam, adalah agama ‘kasih sayang’ jadi sudah jelas dalam islam kita dianjurkan untuk saling mengasihi antar sesama tanpa memandang bulu. Namun pada kenyataannya bisa kalian lihat sendiri orang-orang sekarang seperti apa. Mereka sibuk dengan dunia mereka masing-masing, tidak menghiraukan orang-orang di sekitarnya, mereka hidup dalam individualisme dalam dunianyasekarang, seperti itukah orang-orang mukmin sekarang?
padahal Rasullullah selalu mengajarkan kita untuk selalu berbagi antar sesama dengan begitu Allah akan melimpahkan atas apa yang kita punya, dan orang bijakpun berkata “kebahagiaan itu sederhana, cukup saling memberi antar sesama dan selalu bersyukur atas karunia-Nya, maka kau akan selalu merasa bahagia.” Bagi kalian yang sering bersedekah, pasti kalian akan tau apa makna yang terkandung dalam kalimat tersebut. Biar aku beritahu satu hal untuk kalian semua, di kutip dalam sebuah buku yang pernah aku baca, dalam buku itu di jelaskan. Bahwa hukum Allah dan hukum manusia itu sangat berbeda, apa maksudnya? Seperti ini, biar aku jelaskan.
Misalnya seperti ini kamu mempunyai uang 10 ribu lalu tersebut kamu sedeakhkan kepada kaum fakir miskin. Dari kejadian tersebut, bisa kalian lihat secara logika uang tersebut habis (sudah tidak ada) tapi bedahalnya dengan cara pandang Allah. Uang tersebut malah di lipat gandakan oleh Allah. Saya bercerita seperti ini karna saya mengalami sendiri hal seperti ini. Jadi ketika kalian bersedekah jangan beranggapan kalau harta kalian itu semakin berkurang, justru dengan bersedekah Allah menambah atau melipat gandakan harta kalian.

Jika aku singgung lagi tentang agama islam yang aku jelaskan diatas, bahwasanya agama islam adalah agama kasih sayang, agama yang tentram yang cinta damai hal itulah yang diajarkan Rasulullah. Dari hal inilah aku ingin menyinggung sedikit tentang ISIS yang katanya sebuah organisasi yang mengatas namankan Allah dengan  lambang simbolnya bendera berwarna hitam yang berlafadkan “LA’ILAHAIIL’LALLAH.” Tentunya kalian tidak asing dengan hal tersebutkan karena banyak berita yang  menyorot aktivitas mereka. Yang ingin aku bahas dalam hal ini adalah, pernakah kalian berfikir bahwa ISIS itu adalah terdiri orang-orang mukmin sejati? Apakah benar mereka membela agama Allah bukan karna kepentingan bersama atau individu? Yang ingin aku tanyakan kepada kalia semua yang telah bersedia membaca Blog ini. Mereka (ISIS) dengan lantang seraya mengangkat tangan mengatakan mereka islam tapi perbuatan mereka sama sekali tidak mencerminkan islam, coba kalian lihat di berita-berita. Bagaimana mungkin seorang mukmin, menyerang, membantai, dan bentuk kejahatan lainnya yang di lakukan sekolompok ISIS. Bahkan aku pernah baca berita ada sekelompok anggota ISIS yang memegal kepala seorang jurnalis asal inggris ketika dia sedang melipu, dan hal itu mereka abadikan dalam sebuah video. Apakah hal seperti itu pantas di katakan islam? Dalam Al-Qur’an pun Allah telah berfirman bahwa islam adalah agama yang cinta damai, penuh dengan kasih sayang, dan Rasullullah ketika orang-orang kafir megancam disaat penyebaran agama islam di mekkah, Beliau hanya diam tanpa melakukan apa-apa. Karna pada prinsip islam, mereka akan melawan ketika mereka di serang, itu yang di lakukan Rasullulah di masa penyebaran islam.
jadi para sobat yang di ridhoi Allah, coba kalian pikirkan dan cermati lagi apa makna islam yang sesungguhnya, agar kita bisa menjadi orang mukmin yang benar-benar dalam ridho dan kebenaran islam.

Di bawah ini akan aku jelaskan apa islam yang sesunguhnya menurut Al-Qur’an :

1.      Islam itu berasal dari kata “as-silmu” yang artinya damai : “Dan jika mereka condonglah kepada-Nya dan bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Dia-lah Maha mengetahui.” (QS. Al-Anfal:61)
2.      Islam berasal dari kata “aslama” yang artinya menyerahkan diri (pasrah). : “Dan siapakah yang lebih baik agamanya dari pada orang yang iklas menyerahkan dirinya kepda Allah, sedangkan diapun mengerjakan kebaikkan, dan ia mengikuti agama ibrahim yang lurus? Dan Allah ibrahim menjadi kesayangan-Nya.” (QS. An-Nisa:125)
3.      Islam berasal dari kata “istalma mustaslima” yang artinya penyerahan total kepada Allah. : “Bahkan mereka pada hari itu menyerah diri.” (QS. Ash-Shaffat:26)
4.      Islam berasal dari kata “saliimun salim” yang artinya bersih dan suci. : “Kecuali orang-orang yang menghadap Allah dengan hati yang bersih.” (QS. Asy-Syu’ara:89)
5.      Islam berasal dari kata “salamun” yang artinya selamat. : “Berkata ibrahim: “Semoga keselamatan dilimpahkan kepadamu. Aku akan meminta ampun bagimu kepada Tuhanku. Sesungguhnya Dia sangat baik kepadaku.” (QS. Maryam:47)

 Keterangan diatas adalah pengertian islam menurut Al-qur’an. Namun secara harfiyah, islam itu diartikan : damai, selamat, tunduk dan bersih. Kata islam itu sendiri terbentuk dari tiga huruf, yaitu: S (sin), L (lam), M (mim) yang bermakna “selamat” (selama) karna memang benar pada dasarnya Allah menurunkan agama islam sebagai pedoman kehidupan manusia untuk mendapatkan kebahagiaan di dunia dan akhirat.

Dari pengertian Islam menurut Al-qur’an diatas dapat di simpulkan bahwa kaum muslim sejati itu hendaknya cinta damai, pasrah kepada ketentuan Allah SWT. Bersih dan suci dari perbuatan nista, serta di jamin selamat dunia-akhirat jika melaksanakan risalah islam. WALLAHUA’LAM, hanya Allah yang Maha mengetahui atas segala-galanya. Aku hanya ingin berbagi atas apa yang aku ketahui, selebihnya Allah yang maha mengetahui.
cukup sekian catatan ini aku buat, semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sudah bersedia membaca Blog ini. Semoga Allah selalu menjaga diri kita, iman kita, dan agama kita, menjadi hamba-Nya yang selalu Dia cintai, Amin Allahumma Amin…..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar