Sabtu, 03 Januari 2015

Peri Bumi Membabu

"KETIKA ANDA MEMUTUSKAN UNTUK MEMBACA BLOG INI, MAKA ANDA TERMASUK ORANG-ORANG YANG SUKSES."


ASEAN FREE TRADE AREA (AFTA)

ASEAN Free Trade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta  serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya.AFTA dibentuk pada waktu Konperensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke IV di Singapura tahun 1992. Awalnya AFTA ditargetkan ASEAN FreeTrade Area (AFTA) merupakan wujud dari kesepakatan dari negara-negara ASEAN untuk membentuk suatu kawasan bebas perdagangan dalam rangka meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia akan dicapai dalam waktu 15 tahun (1993-2008), kemudian dipercepat menjadi tahun 2003, dan terakhir dipercepat lagi menjadi tahun 2002.Skema Common Effective Preferential Tariffs For ASEAN Free Trade Area ( CEPT-AFTA) merupakan suatu skema untuk 1 mewujudkan AFTA melalui : penurunan tarif hingga menjadi 0-5%, penghapusan pembatasan kwantitatif dan hambatan-hambatan non tarif lainnya.Perkembangan terakhir yang terkait dengan AFTA adalah adanya kesepakatan untuk menghapuskan semua bea masuk impor barang bagi Brunai Darussalam pada tahun 2010, Indonesia, Malaysia, Philippines, Singapura dan Thailand, dan bagi Cambodia, Laos, Myanmar dan Vietnam pada tahun 2015.
 
Sebelum aku membahas lebih lanjut tentang topik diatas, aku pribadi ingin mengucapkan: Selamat tahun baru 2015 buat kalian para setia pembaca my Blog.
semoga di tahun baru ini, akan menjadi tahun yang penuh berkah bagi kita semua, amin….

Baik, back to topik. Perhatikan tulisan yang berwarna merah diatas? Apa yang dapat kalian simpulkan dari text tersebut? mungkin  setelah membacanya apa yang kalian pikirkan sama dengan apa yang aku pikirkan. Pada tahun 2015 negara-negara  ASEAN sepakat untuk membentuk sebuah organisasi yang di sebut “ASEAN Free Trade Area” atau yang biasa di singkat dengan sebutan (AFTA).
tujuan dari organisasi tersebut memang sangatlah bagus yaitu untuk meningkatkan daya saing ekonomi kawasan regional ASEAN dengan menjadikan ASEAN sebagai basis produksi dunia serta  serta menciptakan pasar regional bagi 500 juta penduduknya. Namun catatan ini aku buat bukan untuk membahas hal tersebut, melainkan aku ingin membahas sudut pandang para remaja Indonesia sebagai generasi penerus bangsa dan kesuksessan setiap individu di masa depan dalam menggapai kesuksessan di masa dewasanya kelak.

Coba kalian lihat text yang berwarna hijau? Di sana terlihat bahwa Negara Indonesia akan ikut serta dalam AFTA mulai tahun 2015.
ke ikut sertaan Indonesia dalam AFTA berharap akan memperbaiki ekonomi Negara Indonesia dan menjadikan Negara Indonesia sebagai Negara yang maju. Secara garis positifnya seperti itu, namun kalian tau apa yang di maksud AFTA?
AFTA = ASEAN Free Trade Area (Kawasan bebas perdagangan) dimana tidak ada lagi aturan/larangan bagi orang asing untuk bekerja, berdagang atau bahkan mengelolah perusahaan di Indonesia dengan mengutamakan berbahasa inggris. Bisa kalian bayangkan, ketika AFTA telah resmi di Indonesia, orang-orang asing akan ramai ke  Indonesia, karena mereka tau Indonesia memiliki SDM yang lemah karna di kenal dengan sifat pemalasnya. Mereka akan menetap di Indonesia dan bekerja di Indonesia, karna memang benar AFTA telah memberikan kebebassan kepada orang-orang asing untuk bekerja/berdagang di Indonesia. Sebelum AFTA di resmikan di Indonesia aturan/larangan lapang kerja di Indonesia untuk orang asing itu tidak di perbolehkan, namun karna AFTA telah resmi khususnya di tahun ini, maka peluang emas untuk orang asing untuk bekerja/berdagang di Indonesia sangat terbuka lebar dengan memanfaatkan kelemahan SDM bangsa kita.

Dalam hal ini yang di prioritaskan adalah keahlian seseorang dalam berbahasa inggris, sedangkan kita atau dominan orang-orang Indonesia acuh bahkan malas untuk belajar berbahasa inggris, hal ini aku pantau dalam lingkup lingkungan sekolah yang rata-rata teman sebaya paling malas ketika pelajaran bahasa inggris. Jika hal ini mendominasi di bangsa Indonesia khususnya di kalangan para remaja sebagai penerus bangsa, bukan tidak mungkin 5 atau 10 tahun mendatang rakyat Indonesia hanya akan menjadi babu di Negara nya sendiri. Kenapa demikian? Sekarang lihat, jika AFTA berlaku di Indonesia dan orang-orang asing berhamburan di Indonesia, maka secara tidak langsung posisi kita akan tergeser, kenapa demikian? Karna di 2015 ini dalam mencari pekerjaan hal utama yang mendominasi adalah berbahasa inggris. Sekarang lihat? Mereka orang asing yang notabennya memang dari Negara luar dalam berbahasa inggris mereka tidak masalah, bagi mereka itu bukanlah sebuah kendala. Tapi bagi kita? Bangsa Indonesia banyak kendalanya karna memang benar kita malas untuk mempelajari bahasa inggris. So? Bukan tidak mungkin kita hanya akan menjadi babu di Negara kita sendiri.

Itu masih pesaing kita dari luar, sedangkan pesaing kita dalam Negeri sendiri tidak kalah beratnya. Indonesia berada di urutan ke-4 dalam jumlah penduduk terbanyak di dunia, dengan jumlah penduduk yang begitu banyak bukan tidak mungkin akan menjadi persaingan yang ketat bagi kita dalam mencari pekerjaan di masa depan nanti, karna memang pada dasarnya semua orang pasti ingin merasakan kesuksessan.

Dalam berbagai waktu, aku  sering mengikuti acara seminar, workshop, LDKS dan sebagainya. Aku merasa sangat bangga dan takjub berada di lingkungan para generasi penerus bangsa yang hebat. Dalam lamunan sepi aku lepaskan anganku ke angkasa, membiarkan akal ku berfikir, dalam benak muncul beberapa pertanyaan yang begitu sulit untuk ku mengerti.
“Lihat mereka yan!!!! Mereka semua adalah para pesaing mu yang hebat-hebat di masa yang akan mendatang, mereka memiliki mimpi, harapan, dan tujuan yang sama yaitu SUKSES. Jadi apa yang telah kamu persiapkan untuk melawan mereka semua?”  pertanyaan itulah yang sering kali muncul di dalam pikiran ketika aku terhanyut dalam lamunan. Semua orang itu pasti ingin sukses, namun bagaimana cara kita untuk sukses itu yang membedakannya. Siapa yang siap untuk maju tanpa menyerah, merekalah yang keluar menjadi kemenangan kesuksessan tersebut. Namun siapa yang hanya berleyeh-leyeh seakan selalu saja menunda-nunda waktu, maka dilah yang akan tersingkirkan.

Pikirkan itu kawan…….
menggapai sukses itu tidak semudah ketika kita hanya mengatakan “AKU INGIN SUKSES”
semua itu butuh pengorbanan, perjuangan, dan usha yang maksimal, dan jangan lupa pula berdoa. Karena apapun yang kita lakukan tetap Tuhan lah yang jadi menentunya, kita manusia hanya bisa berusaha namun yang berkehendak adalah Tuhan. Untuk itu apa yang sudah kita persiapkan untuk masa depan kita nanti dalam menghadapi kenyataan hidup yang semakin sulit ini. Ingat kawan…. Apa yang kita lakukan saat ini, yang kita orientasikan saat ini adalah gambaran di masa depan kita kelak. Untuk itu lakukan yang terbaik mulai sekarang untuk menyongsong kesuksessan di masa depan untuk orang tua dan orang-oran yang kalian sayangi.

Banyak  orang mengatakan ingin sukses tapi mereka tidak tau apa yang hendak mereka lakukan untuk meraih sukses tersebut. Padahal sukses itu butuh planning/sebuah perencanaan dalam menggapainya, dengan planning yang matang dan siap maka kalian akan tau apa yang harus kalian lakukan untuk menuju sukses.
Planning/rencana itu penting, karna dengan adanya planning kita akan tau tahap-tahap apa saja yang hendak kita lakukan untuk meraih sukses. Beda halnya dengan mereka yang tidak memiliki planning/rencana. Mereka yang tidak memiliki planning pasti akan merasa kebingungan karna mereka tidak tau tahap-tahap apa saja yang harus ia lakukan, dan orang seperti ini hanya akan mengandalkan hari esok dan acuh pada masa depannya sendiri, hanya mengandalkan kata “AKU INGIN SUKSES” tapi sebuah perencanaan/planning untuk sukses tidak ada itu sama saja dengan pembohong besar.

Pikirkan ini….. bayangkan kamu berada di dalam keramaian orang, lihat mereka semua. Mereka semua memiliki mimpi dan harapan yang sama, yaitu SUKSES. Mereka juga ingin membahagiakan orang-orang yang mereka sayangi terutama orang tua, bukan kah kita juga demikian, lalu? Apa yang telah kita siapkan untuk melawan mereka dalam meraih sukses? Melawan begitu banyak orang dalam memperebutkan satu impian, yaitu SUKSES.
Pernakah kalian berfikir bahwa kalian akan menjadi salah satu orang yang sukses dari sekian ribu orang yang ingin sukses pula? Jika iya? Maka persiapkan segalanya dari sekarang. Masa muda adalah masa terbaik untuk merencanakan kesuksessan di masa yang akan dating.
Untuk itu mari kita renungkan lagi apa saja yang sudah kita capai dan yang belum tercapai sampai sejauh ini. Mereview lagi hal apa saja yang harus dilakukan untuk mendapatkan sesuatu yang belum tercapai. Dan membuat sebuah perencanaan besar tuk dapati hasil yang besar pula, yaitu SUKSES.

Ingat kawan!!! Kesuksessan itu bukan hanya sebuah kata-kata semata yang tak bermakna, melainkan sukses itu usaha bagaimana cara kita untuk menggapainya.
Saya Riyan, cukup sampai disini catatan ku kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membangun semangat kalian untuk  meraih sukses. Ingat? Persaingan dalam meraih sukses sangat ketat, lakukan yang terbaik untuk hidup mu, keluarga mu, dan juga masa depan mu. (y)
 
 
            TERIMA KASIH SUDAH BERKUNJUNG DI MY BLOG (:

3 komentar:

  1. Bener banget yan (y),, afta emang kesempatan paling baik buat yg bisa ngmg b.inggris lancar tapi kesempatan yg kurang baik untuk yg belum bisa,, terus dengan mudahnya orang luar negeri datang ke indonesia tanpa passport,, so mulai sekarang untuk mempersiapkan afta dengan baik kita seharusnya mempelajari bahasa inggris secara lebih,, karena orang luar negeri saja sudah mempersiapkan afta dengan baik contohnya,, mereka telah mampu mempelajari bahasa indonesia,, seharusnya kita seperti itu,, karena dengan demikian itu berpengaruh besar terhadap kesuksesan diri kalian masing2 (((: thx~

    BalasHapus
  2. Sipp din, that right (y). Thx buat komentarnya

    BalasHapus