Kamis, 30 Juli 2015

Arti Sukses



Disaat kalian memutuskan untuk membuka web ini dan membacanya, maka disana pula lah kalian termasuk orang-orang yang berpotensi untuk sukses. Karna dengan ketersediaan kalian membuka web ini, itu menandakan bahwa kalian peduli akan masa depan kalian, yaitu untuk sukses!!!

Pada kesempatan kali ini aku mencoba menulis sebuah artikel tentang sebuah ke suksessan. Semoga artikel ini bisa memberikan motivasi untuk kalian yang ingin sukses. Semoga energi-energi sukses akan selalu mengalir di dalam tubuh kalian sampai suatu saat nanti kalian dapat meraih nya. Amin……

APA ITU SUKSES?

Sukses? Adalah kata sederhana namun memiliki makna yang besar di dalam kehidupan seseorang. Sukses adalah impian, sebuah harapan di masa depan untuk dapati hidup sejahtera yang akan dapat mengubah kehidupan seseorang menjadi lebih baik.

Berbicara sukses tentunya setiap orang menginginkan hal tersebut, tidak terkecuali saya pribadi, karna sukses adalah dambaan bagi setiap orang.
Namun dari beberapa orang yang ingin sukses, hanya sebagian pula lah mereka yang bisa meraih sukses tersebut.

Sukses  bukan hanya bercerta tentang hidupnya kaya, banyak uang, mempunyai istri cantik, rumah megah, mobil mewah atau hal yang lainnya. Namun sukses sejati adalah sukses yang di dedikasikan untuk orang lain, misalnya untuk sukses untuk orang tua, sukses untuk masa depan Anda bersama keluarga kecil Anda, sukses membiayai hidup Anda dan keluarga, terlebih sukses untuk bisa membantu orang lain itu adalah hal yang luar biasa. Jadi jangan menikmati pemeberian Tuhan yang telah Dia berikan kepada kita dalam bentuk sukses untuk kita nikmati sendiri, namun cobalah berbagi kepada orang lain agar mereka juga dapat merasakan apa yang Anda rasakan.

Dalam hal sukses ada dua hal yang menarik yang saya temukan dari dua buku yang berbeda tentang arti sebuah kesuksesan. Yang pertama: “sukses untuk orang lain bukan hanya untuk keluarga”  kalimat ini aku temukan dalam buku yang berjudul “THE MAGIC of THINGKING” di dalam buku ini di jelaskan oleh si pengarang bahwa kesuksessan seseorang tidak hanya untuk dirinya sendiri dan keluarga melainkan untuk orang lain. Seperti yang sudah saya paparkan diatas, sukses dapat membantu meringankan orang lain, berbagi sesama, dan menikmati kesuksesan itu bersama orang-orang yang membutuhkan uluran tangan kita. Yang kedua “sukses untuk menyukseskan orang lain” kalimat ini aku temukan di sebuah buku yang berjudul “LIFE is EXCELLENT” di dalam buku ini di jelaskan oleh si pengarang bahwa sukses yang kita rasakan bukan untuk dinikmati sendiri. Hammpir sama dengan yang pertama namun yang kedua ini lebih tertuju kepada perkembangan pada tiap individuya langsung bukan dari segi finansial. Contohnya seperti ini: Seorang supervisor memiliki anak buah yang ia percaya, ketika sang supervisor naik jabatan menjadi manager anak buah yang ia percaya tersebut diangkat menjadi supervisor, setelah manager menjadi direktur/pimpinan. Anak buah yang tadi ia percaya diangkat menjadi manager sedangkan karyawan yang lain menggantikan posisi sang supervisor tadi. Atau contoh lain memberikan pekerjaan bagi orang yang pengangguran, membekalinya dengan ilmu yang kita miliki sehingga dia dapat tumbuh seperti kita dan sukses seperti kita.

Setiap orang memiliki kesempatan yang sama dengan yang lainnya dalam hal sukses, namun tergantung dari segi usaha yang sudah kita lakukan. Sudah maksimalkah usaha yang kita lakukan? Sudah benarkan orientasi kita untuk sukses? Dan seberapa tangguh kah mental kita untuk menghadapi rintangan untuk sukses? Karna orang-orang yang sukses membutuhkan orang yang bermental baja. Dimana disaat mereka terjatuh mereka tidak langsung berhenti dan menyerah, melainkan mereka yang terjatuh selalu bangun dan bangun lagi sampai mereka bisa meraih apa yang selalu mereka dambakan yaitu “Sukses”.

Melihat dalam realita kehidupan bahwa mereka (orang-orang sukses) adalah mereka yang tidak pernah menyerah dan memiliki semangat yang tinggi. Ketika aku membaca story tentang orang-orang yang sukses, disana aku dapati hal-hal yang sangat sulit yang tidak semudah kita lihat saat dia telah sukses. Banyak perjuangan dan pengorbanan yang harus kita lakukan.
Saya akan bercerita sedikit. Saat ini saya pribadi sedang gencar-gencarnya untuk bisa kuliah setelah lulus sekolah. Selain usaha dan doa saya sangat berharap saya bisa masuk Universitas negeri yang seperti saya harapkan. Disisi lain terkadang saya semangat, sisi lain terkadang saya down, dan disaat down itu Tuhan memberikan petunjuk kepada saya. Disaat saya sedang browsing untuk mencari informasi, saya menemukan beberapa artikel yang membuat saya tertarik untuk membacanya. Setelah membaca artikel ini semangat saya kembali dan beroptimisme untuk terus maju dan maju sampai saya bisa mendapatkan apa yang saya inginkan. Beberapa artikel tersebut antara lain:

1.       Widya Emilia salah satu mahasiswa UNAIR yang mendapatkan beasiswa melanjutkan study S2 nya di paris. Ketika memasuki sekolah dasar (SD) sempat tidak ada sekolah yang mau menerimanya karna factor fisik yang terlalu kecil. Namun dia membuktikan kalo dia bisa dan akhirnya seperti sekarang ini.
2.       Ayu Gani adalah salah satu model dari Indonesia yang berhasil menang dalam kontes modeling se-Asia. Awalnya banyak orang yang meragukan kemmapuannya. Dari kibul-lan yang sering dia terima dari orang. Akhirnya dia bertekat ikut ajang model se-Asia tersebut dan keluar sebagai pemenang mengalahkan lawan-lawannya se-Asia.
3.       Howard Schultz adalah anak dari seorang supir truk. Dia bersama tinggal bersama keluarganya di kota kecil Seattle-Amerika. Berawal dari kecintaannya terhadap kopi dan dia memiliki ide-ide yang cemerlang untuk pengembangan usaha kopi yang kembangkan. Namun usaha itu hanya di pandang sebelah mata oleh seseorang dan kini dia menjadi bos STARBUCKS yang kini menjadi perusahaan besar dengan 21.000 gerai kopi di 65 negara. Dengan nilai aset mencapai USD 77 miliar atau setara dengan Rp. 1. 017 triliun.
4.       Darwati adalah seorang perempuan yang bekerja sebagai pembantu rumah tangga (PRT)
tidak sedikit orang yang merendahkan atau bahkan menertawakan status pekerjaannya. Banyak orang yang meremehkannya. Namun dengan tekat dan semangat untuk mengangkat derajat orang tau. Darwati membuktikan dia mampu. Di berhasil menamatkan bangku perguruan tinggi dengan status CUMLAUDE, dan kini dia bisa berkeja di tempat lebih baik dengan penghasilan yang lebih baik pula.

Itulah sederetan kisah-kisah orang yang sukses yang dapat memotivasi saya untuk terus maju. Itu hanya sebagian artikel kisah orang sukses yang saya baca, jika saya sebutkan semua satu persatu mungkin catatan ini tidak ada ujungnya.

Inilah yang aku maksud dari awal. Bahwa setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk sukses tanpa harus memandang suku, ekonomi atau hal yang lainnya. Semua memiliki kesempatan yang sama namun yang membedakan antara kita dan mereka adalah bagaimana cara kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya kesempatan yang telah Tuhan berikan untuk kita. Tuhan selalu memberikan jalannya untuk mereka yang mau berusaha, memiliki tekat yang kuat dan pantang menyerah. Jika kalian merasakan kegagalan satu/dua kali saja sudah menyerah bagaimana kalian bisa sukses? Ya gak bisa kalo kalian memiliki mental krupuk seperti itu. Orang sukses adalah orang yang berani mengambil resiko. Mereka berani untuk berkorban dan mereka tidak takut untuk jatuh. Tekan kan dalam pikiran kalian bahwa kegagalan itu adalah awal dari sebuah kesuksesan besar dan tekan kan pula pada hati kalian bahwa di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin. Kalian harus percaya dan yakin akan mimpi kalian sendiri. Saya tekan kan  sekali lagi. Tidak ada satu hal pun yang tidak mungkin jika kita percaya dan yakin bahwa kita bisa. Percayalah kepada Tuhan mintalah dengan sungguh-sungguh dan yakinlah bahwa Tuhan akan mendengarkan doa mu maka Tuhan akan mengabulkan atas apa yang engkau doakan.

Sebenarnya kita itu mampu, kita itu bisa. Namun sadar gak kalo kita sendiri lah yang membuat diri kita itu terbelakangi oleh orang lain. Kita seakan menganggap diri kita ini bodoh yang tidak dapat melakukan apa-apa. Rasa bersyukur kalian itu kurang. Seharusnya kalian banyak bersyukur karna apa? Karna Tuhan telah menjadikan mu begitu sangat sempurna tapi kita lah yang merendahkan diri kita sendiri.
Ayolah….. come-on!!! Jangan merendahkan diri kita sendiri karna itu hanya akan membuat membuat kita merasa menjadi orang yang sangat bodoh yang tidak bisa melakukan apa-apa. Namun kalian harus yakin dan percaya, bahwa kalian adalah pribadi yang hebat dan luar biasa. Banggakan diri kalian maka kalian akan menjadi pribadi yang unggul dan luar biasa.
Buang pemikiran yang hanya mengatakan “KOK BISA?” disaat melihat orang lain sukses. Tapi kalian harus mengatakan “PASTI BISA?” dalam segala hal yang akan kalian lakukan maka kalian akan benar-benar bisa.

Mimpi atau sebuah anganan yang ingin kalian dapatkan di masa depan. Itu jangan hanya kamu biarkan menjadi mimpi semata, tapi kamu harus melakukan usaha untuk mewujudkan mimpi tersebut. Jika kamu hanya bermimpi tanpa ada usaha yang kamu lakukan maka mimpi itu hanya akan jadi anganan semata namun jika kamu bersungguh-sungguh mengerjar mimpi itu dengan usaha dan doa, maka kamu akan menjadi apa yang kamu impikan.

Saya teringat salah satu kutipan dari Agnez Mo. Dia berkata: “Jika mimpimu belum bisa membuat merasa takut untuk mendapatkannya. Maka itu bukan mimpi yang sebenarnya”. Maksud dari kutipan itu adalah betapa beratnya dan sulitnya untuk kita dapat meraih mimpi yang kita impikan sehingga kita akan merasa takut. Banyak hal yang harus kita lakukan dan kita korbankan untuk mendapatkannya. Seperti itulah yang dialami Agnez Mo. Dia mengawali karir sebagai penyanyi di Indonesia dan bermimpi bisa go internasional. Dan bisa kita lihat sekarang, dengan kerja keras dan usaha yang sungguh-sungguh Dia berhasil meraih mimpinya dan menjadi penyanyi internasional seperti saat ini.
  
Apa dengan begitu kamu masih gak percaya dengan dirimu? Masih gak percaya dengan mimpi yang kamu miliki? Dan masih gak percaya bahwa Tuhan itu akan mengabulkan apa yang kita inginkan? Saya rasa Anda tidak sebodoh itu. Semangat Broo untuk meraih masa depan. Inget orang tua kita yang menaruh harapan besar terhadap kita. Gak mau kamu, melihat orang tua kamu tersenyum dan mereka mengatakan “kami bangga memiliki anak sepertimu” gak mau kata-kata itu terlontar dari orang tua untuk kalian. Gak mau suatu saat nanti kamu berkeluarga punya rumah megah, mobil mewah, pekerjaan dengan penghasilan besar gak mau seperti itu. Hayati dan maknai dengan sungguh-sungguh ketika kalian membaca biografi / story orang sukses. Lihat? Apa disana kalian menemukan jalan yang mulus? Jawabannya tidak? Jalan mereka berliku dan penuh rintangan, namun mereka bisa melewati semua itu dan hanya orang-orang yang bermental baja lah yang bisa melewati itu semua yaitu untuk sukses.

Setelah membaca ini masih mau jadi pecundang? Masih mau di pandang sebelah mata? Masih mau hanya berkhayal dengan imaginasi tanpa melakukan action? Masih mau seperti itu? Mau sampai kapan hanya bermimpi dan bermipi kalo tidak ada usaha ya gak ada gunanya Broo….
Masih mau hidup di dalam dunia imaginasi mu? Padahal setiap tahun keadaan dunia semakin keras. Persaingan arus globalisasi semakin ketat. Gitu itu masih mau bersantai-santai ria.
Broo!! Aku kasih tau ya? Yang bukan siapa-siapa mana bisa dapet apa-apa. Cam kan itu baik-baik.

Mohon maaf sebelumnya. Saya menulis seperti ini tidak bermaksud untuk merendahkan atau merasa kalo saya lebih baik dari pada Anda semua. Namun disini saya ingin membangkitkan semangat kalian untuk sekedar mengingatkan untuk sukses karna saya pribadipun ingin sukses sama hal nya seperti kalian semua. Kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga bisa bermanfaat. Terima kasih!!!


“Sukses adalah dambaan setiap orang mereka yang bertahan dan terus berjuang mereka akan keluar menjadi PEMENANG tapi mereka yang hanya diam tanpa melakukan apa-apa, mereka hanya akan menjadi PECUNDANG!!!”
#Camkan baik-baik.


~By: Riyan Autogenestic


Tidak ada komentar:

Posting Komentar