Rabu, 18 Februari 2015

Belajarlah Dari Anak Kecil

 
Terkadang seseorang itu berperilaku tidak sesuai dengan umurnya, namun tekadang seseorang itu akan berperilaku sesuai dengan keandaannya. Misalnya, orang dewasa akan berperilaku seperti anak kecil ketika mereka bersama anak-anak. hal ini menunjukkan bahwa tingkat emosional seseorang akan bertindak dengan apa yang bisa membuat orang lain merasa senang atau kesenangan itu untuk dirinya sendiri.

Seperti halnya dalam hidup,  pembelajaran hidup untuk menjadi pribadi yang lebih baik tidak harus memandang siapa yang harus kita contoh. Namun pandanglah sesuatu positif itu untuk perubahan hidupmu yang lebih Excelent. Jika hidup hanya ber’Title baik itu masih standart dari segi sudut pandang, namun beda halnya jika hidup kalian ber’title Excelent itu baru hidup yang luar biasa, jika kalian bisa mencapai itu, maka kalian akan menjadi orang yang selalu bahagia.

Dan pada kesempatan kali ini, saya akan mengajak kalian belajar untuk hidup yang lebih baik melalui anak kecil. Tentunya saya rasa kalian semua tau anak kecil bukan? Tingkah lucu mereka yang menggemaskan seakan selalu mengundang kita untuk tertawa ketika kita melihatnya.

Mungkin kalian bertanya-tanya bagaimana mungkin kita belajar pada anak kecil yang secara logica mereka hanyalah anak kecil yang tidak tau apa-apa atau melakukan sesuatu yang tidak bisa kita lakukan. Dan disitulah nilai positifnya dari mereka.

Oke, saya akan coba menjelaskan apa yang saya maksud dari paragraf diatas. Saya mendapatkan Inspirasi ini ketika saya berkunjung di rumah teman saya yang sedang mengalami musibah. Di dalam rumah tersebut saya berbincang-berbincang dengan tuan rumah. Sesaat kemudian sang pemilik rumah berpamitan mau ke belakang meninggalkan aku dengan teman yang lain. Setelah itu aku mencoba keluar untuk sekedar mencari angin, lalu di luar sana mata ku tertuju pada satu pandangan yang membuat mataku menatap tajam.
aku melihat ada anak kecil yang sedang asyik-asyiknya belajar berjalan, saya terus memperhatikan setiap langkah kaki yang dia langkahkan, dia tertawa girang seakan senang atas apa yang dia lakukan. Meski terjatuh berulang-ulang dia tetap bersikukuh bangun lagi dan bangun lagi untuk tetap mau belajar jalan tanpa harus mengenal kata lelah dan menyerah. Dan di balik itu ada seorang Ibu yang selalu setia mengawasi sang buah hatinya belajar berjalan.

Dari kejadian diatas saya mendapatkan suatu karunia dari yang diatas, kenapa kita harus mencontoh anak kecil tersebut. Apa maksudnya? Seperti ini.

Perhatikan kata yang aku cetak miring diatas!
Maksud dari kata tersebut adalah: Bahwa seorang anak kecil saat sedang belajar berjalan tidak pernah mengenal kata menyerah, walaupun dia terjatuh berkali-kali maka disitu pula dia akan bangkit dan mencobanya lagi dan lagi tanpa mengenal lelah dan menyerah hingga dia berhasil. Dari hasil pemikiran ini pernakah kalian bertanya, kenapa mereka tidak pernah menyerah hingga akhirnya berhasil!
jawabannya sederhana, yaitu mereka hanya fokus, yakin dan mau mecoba. Biar aku jelaskan satu persatu agar kalian lebih memahami apa yang saya maksudkan disini.

1.       Fokus
yang di maksud fokus disini adalah bahwa seorang anak kecil yang sedang beajar berjalan dia sangat fokus akan niatnya untuk bisa berjalan. Tidak ada hal lain yang dia pikirkan kecuali pasti bisa berhasil, berhasil dan berhasil. Hal inilah yang saya maksud dari nilai lebihnya dari seorang anak kecil. Mereka melakukan segala sesuatu dengan keyakinan tanpa ragu, tanp berfikir panjang mereka langsung melakukan apa yang mereka inginkan. Hal inilah yang menyebabkan seorang bayi tersebut berhasil. Beda dengan kita, jika kalian bertanya “kenapa kita atau kebanyakkan orang sering gagal?” karna kita itu kebanyakkan mikir, belum mencoba sudah berfikir panjang lebar, yang takut jatuh lah, takut gagal lah, gak percaya diri dan banyak lagi yang di pikirkan. Itulah yang menyebabkan kita dominan gagal dari pada berhasil soalnya kita kebanyakkan piker tapi dalam tindakan kita Nol besar!!!
Lihat anak kecil yang sedang belajar beraktifitas, dia berinteraksi dengan kemauannya sendiri tanpa banyak mikir, dan hal inilah yang harusnya kita contoh dari anak kecil. Disaat kita melakukan segala sesuatu apapun jangan pernah ragu, lakukan apa yang harus kalian lakukan jangan kebanyakkan mikir. Orang yang kebanyakkan mikir semua perencanaan yang akan dia lakukan tidak akan terwujud karna orang seperti itu terlalu sibuk memikirkan ini-itu, sedangkan usahanya tidak ada. So? Apa yang mau di dapatkan dalam hal semacam ini. Orang yang terlalu banyak berfikir dari pada bertindak itu adalah impian besar, sedangkan jika orang lebih sedikit berfikir namun besar dalam tindakkan/usaha yang besar itulah hasil yang besar. Camkan itu baik-baik.

2.       Yakin
disaat kalian melakukan apapun yang ingin kalian lakukan dalam artian ha yang positif. Lakukan hal tersebut tanpa ada keraguan sedikitpun dari dalam diri kita. Yakin dan yakin semuanya akan menjadi seperti apa yang kalian impikan, karna disaat kita yakian akan hal yang akan kita lakukan energy positif itu akan muncul dari dalam diri kita yang akan membuat kita optimis dan percaya atas apa yang kita inginkan.
Tuhan itu maha segalanya. Dia tidak pernah tidur. Dia maha tahu atas apa yang di inginkan hanba-Nya.dan Dia melihat mana hamba yang bersungguh dan mana hamba yang hanya sekedar ingin. So? Lakukan apa yang ingin kalian lakukan dengan rasa keyakinan niscaya Tuhan akan mengabulkan apa yang kita inginkan, dan jangan pernah ada sedikit keraguan apapun pada-Nya. Karna sesungguhnya Tuhan sangat membenci hamba yang tidak mempercayai-Nya.

3.       Mau mecoba
pernakah kalian merasa lapar? tapi mau mengambil makanan kalian merasa malas?  Pikirkan ini dengan logica kalian. Disaat kalian lapar tapi merasa malas untuk mengambil nasi di meja makan, apakah makanan tersebut akan datang sendirinya dan kalian tinggal memakannya? Tidak mungkinkan!! Kecuali kalo kalian meminta bantuan orang lain untuk mengambilkan makan. Tapi lihat ini….!!!
Broooo…. Perhatikan ini baik-baik. Di dunia nyata dalam meraih  kesuksesan kita tidak bisa bergantung pada orang lain. Dunia nyata adalah persaingan Broo… kalo kalian hanya bergantung pada orang lain, kamu hanya akan menjadi pecundang besar yang terbelakangi. Ini itu hidup mu! Bukan hidup orang lain. Yang menentukan akan jadi apa dirimu nantinya semua itu ada pada pilihan mu, orang lain sibuk mengurusi dirinya masing-masing. Disaat kita melakukan hal apa yang kita inginkan dan itu gagal, jangan pernah menyerah tetap berdiri layaknya seperti anak kecil yang pantang menyerah meskipun tak terhitung berapa kali dia terjatuh.
Kegagalan itu pasti ada namun untuk berdiri dan mencobanya kembali itu adalah pilihan. Dan pilihan itu ada pada diri kita sendiri bukan orang lain. So? Lakuan apa yang harus kamu lakukan jangan banyak berfikir, kamu hanya perlu mencoba dan terus mencoba hingga kalian berhasil. Lebih baik mencoba tapi gagal dari pada tidak mencoba sama sekali. Mencoba akan membuat kita tahu jawaban atas apa yang kita inginkan. Namun diam? Adalah pilihan orang-orang yang berfikir bodoh. Camkan itu baik…!!!

Kalian punya mimpi? Aku rasa semua orang yang masih waras akan memiliki mimpi. Punya harapan untuk menjadi orang yang sukses dan dapat membahagiakan orang? Semua orang juga akan memimpikan itu. Namun pertanyaanku,apakah semua impian dan harapanmu itu hanya akan terlontar dalam bentuk kata-kata saja? Kapan semua akan nyata?
untuk itu disini saya ingin mengajak kalian semua untuk bisa berfikir luas untuk sebuah harapan yang besar. Ubahlah cara berfikir kalian, yang tadinya sering ragu dan tidak percaya diri buang semua itu, karna itu hanyalah energi negatif yang akan merusak mimpi mu dan menghancurkan harapanmu. Oleh karna itu mulai sekarang mulai lah men-setting step by step untuk meraih semua impian mu. Ubah pola pikir mu jadilah pribadi yang selalu optimis karna janji Tuhan itu benar adanya.
jangan hanya menjadi pribadi yang pandai berkata-kata namun tidak nyata, tapi jadilah pribadi yang  tidak pandai berkata namun bentuk nyata nya itu ada. (Y)

Cukup sekian catatan ini aku buat untuk kalian semoga bisa bermanfaat bagi kita semuanya, kurang lebihnya saya mohon maaf karna disini saya bukan siapa-siapa. Saya hanya ingin mengapresiasikan atas apa yang saya pikirkan. Dan terakhir pesan dari saya. Lakukan apa yang ingin kalian lakukan, melangkah lah tanpa ada keraguan  sedikitpun dihatimu. Cause nothing impossible in the world if you believe in to ALLAH, believe it……… Barakkallah ~~
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar