Sabtu, 27 Juni 2015

Inspiration Story


Sebuah kisah Inspiratif yang terinspirasi dari kisah nyata. Semoga bagi kalian yang sudah membaca ini akan menjadi pribadi yang lebih baik untuk kedepannya dan termotivasi untuk melakukan sesuatu yang terbaik di masa depan untuk orang tua kalian, keluarga kecil kalian nantinya, untuk semua orang-orang yang kalian sayangi dan untuk orang-orang yang membutuhkan bantuan kalian. Amin……..

Ini kisahnya :

Ada sebuah keluarga kecil yang terdiri dari ayah dan ibu. Mereka hidup bersama ketiga anaknya. Keluarga ini adalah sebuah keluarga yang  sederhana memiliki segudang tanggung jawab yang harus di penuhi, dengan penghasilan yang sederhana itu kedua orang tua itu tetap bersyukur dan berusaha untuk menjadi orang tua terbaik bagi anak-anaknya.

Suatu hari sang ibu melihat anak bungsunya sedang malas belajar. Pemandangan ini jarang terlihat oleh sang ibu. Dengan lemah lembut penuh kasih sayang, sang ibu itu mendekati dan bertanya kepada sang anak.

Ibu : adek!! Kenapa adek tidak belajar?
Anak : lagi males belajar bu.
Ibu : kok males gitu!! Ayo dong yang semangat belajarnya katanya mau sukses!!
Anak : Tapi aku capek bu setiap hari harus belajar terus.
“Mendengar perkataan sang anak, ibu itu hanya diam tanpa berkata apa-apa. Tampak terlihat jelas di raut wajahnya kalau sang ibu itu menyimpan sejuta kesedihan yang dia rasakan.
sesaat kemudian keluarga kecil itu berkumpul di ruang tamu. Disana sang ibu berpesan sesuatu untuk anak-anaknya.

“Anakku, jika kau tak sanggup menahan lelah karena belajar, maka kamu harus sanggup menahan derita karena kebodohan. Belajar sejak dini adalah bekal ilmu untuk kalian sukses di masa depan. Apa yang kalian lakukan di masa sekarang akan menjadi gambaran kalian di masa depan. Ibu tau kalian lelah… hanya saja ibu tidak ingin kalian mengalami nasib yang sama seperti yang ibu dan ayah alami. Sebagai orang tua kami telah gagal untuk membahagiakan kalian, ibu hanya memberikan sesuatu yang sederhana untuk kalian, kami tidak bisa memberikan sesuatu yang mewah untuk kalian seperti yang di dapatkan anak-anak lainnya. Oleh karna itu kalian harus tekun belajar, semangat pantang mundur untuk terus belajar demi meraih kesuksesan kalian di masa depan. Kalian semua akan menjadi pengganti ayah dan ibu ketika kami sudah tidak mampu lagi membiayai hidup kalian. Kalian lah harapan ayah dan ibu. Kalian penompang ayah dan ibu di hari tua nanti. Oleh karna itu kalian harus tetap semangat, raih mimpi kalian dan buat lah kami bangga dan juga buat bangga anak-anak kalian nanti di masa depan seperti ayah dan ibu yang selalu bangga memiliki anak-anak seperti kalian. Selesai!!!!

Dari cerita diatas, pelajaran apa yang dapat kalian ambil? Apakah sama dengan yang aku pikirkan? Atau mungkin kalian hanya mengatakan “oh” setelah itu kalian melupakannya begitu saja tanpa memikirkan pesan apa yang terkandung di dalam cerita tersebut. Aku menulis ini mengajak kalian untuk bisa berfikir satu hal yang sangat penting untuk kalian. Dan semoga kalian bisa memahami apa yang ini aku sampaikan melalui catatan sederhana ini. Selamat membaca…..

Pendidikan!!! Adalah suatu hal yang penting bagi setiap orang untuk perkembangan hidupnya. Dan terbukti seseorang yang memiliki SDM yang baik maka kehidupannya akan terjamin. Namun bagi mereka yang hanya beranggapan bahwa pendidikan itu hanylah sampingan hidup bukan pokok dari hidup mereka. Aku pikir mereka telah melakukan kesalahan yang besar untuk jalan masa depan mereka.
Namun anehnya orang di Indonesia ini sangat lucu. Satu sisi orang yang tak mampu / mereka yang tidak bisa bersekolah mereka memiliki keinginan yang kuat untuk dapat belajar, mencoba memperbaiki garis jalan hidup mereka, namun sayangnya angannan itu jauh untuk mereka raih. Namun disisi lain orang yang mendapatkan pendidikan yang layak / mereka yang mampu bersekolah malah malas-malasan belajar malah enggan bersekolah. Hal ini yang terkadang membuat ku berfikir “kok aneh ya?” apa kalian akan sebut ini keseimbangan hidup? Aku rasa tidak!!!

Bro? aku kasi tau ya! Kita tidak sedang membahas tentang keseimbangan dalam hidup, melainkan kita mmebahas tentang masa depan kita, atau bahkan kita sedang membahas masa depan bangsa. Karna tidak menutup kemungkinan kita sebagai generasi muda yang akan melanjutkan kepemimpinan di Negara ini. Jika para generasi muda hanya bisa bermalas-malasan belajar apa yang dapat kalian lakukan di masa depan? Mau jadi apa Negara ini nantinya? Bukannya malah membaik malah kita semakin di bodohi oleh bangsa lain.

Pendidikan itu sangat penting Bro untuk kelangsungan hidupmu. So? Jangan pernah sia-siakan pendidikan selagi kalian masih bisa mendapatkannya. Sekarang kalian enak status pelajar biaya hidup masih di tanggung orang tua, namun apakah akan terus seperti itu nantinya. Inget Bro…. hidup itu terus berjalan seperti hal nya dengan hidup mu. Ada masa dimana kamu akan berjuang sendiri tanpa orang tua dan disana lah kamu akan mengerti betapa pentingnya sebuah kesuksesan untuk mu di masa depan. Sukses dalam artian, sukses membahagiakan orang tua mu nanti di masa tua mereka. Sukses untuk keluarga kecil mu nanti setelah menikah dan yang terpenting kalo kita bisa sukses kita bisa membantu meringankan beban derita orang yang ada di pinggiran sana Bro…
tanpa kalian sadari, kita menjadi bagian dari harapan orang-orang itu. Disaat para pejabat-pejabat petinggi Negara sekarang ini hanya bisa menambah beban derita mereka yaitu korupsi yang semakin meraja lela di Negara ini.
jadi jangan artikan sebuah kesuksesan itu hanya dapat kita nikmati sendiri, melainkan sebuah kesuksesan sejati itu adalah kebahagiaan bersama dan mencakup dunia-akhirat mu.

Aku akan membagikan sedikit cerita ku untuk kalian.
Waktu itu aku bersama keluarga sedang makan malam, suatu suasana yang sangat menenangkan bagiku. Dalam pertengahan makan, tiba-tiba ibuku mengatakan sesuatu kepadaku:
“Nak… kamu sekolah yang pinter, yang bener sekolahnya jangan malas. Kamu harus sukses nanti di masa depanmu. Karna sebagai anak tunggal hanya kamu harapan ibu. Kamu yang akan menafkahi hidup ibu disaat ibu tidak bisa lagi bekerja untuk membiayai kamu. Ibu sudah tua, sudah tidak sekuat dulu. Oleh karna itu kamu harus sukses nak.”
Mendengar perkataan itu seakan membuat ku tak mampu menelan nasi yang telah aku kunyah. Kepala ku terasa berat seakan ada sesuatu beban yang sangat besar telah menindihi pikiran ku. Aku gak tau apa yang di pikirkan ibu ku saat itu, kenapa dia tiba-tiba berkata seperti itu. Namun sejak saat itu aku mulai menuliskan suatu kata di dalam pikiran yang harus aku dapatkan, yaitu SUKSES!!!!

Jangan beranggapan bahwa sukses hanya dimiliki mereka yang beruang. Namun kesuksesan itu adalah milik mereka yang pantang menyerah dan memiliki tekat yang kuat untuk sukses.
Ayolah open minded Bro… hidup mu terlalu singkat buat bersenang-senang itu. Syukuri apa yang kita miliki sekarang dan manfaatkan dengan sebaik-baiknya, jangan sampai kata menyesal itu datang kelak disaat kita tak lagi muda, disaat kita bisa mengoptimalkan cara berfikir kita. Jadi jangan biarkan kesempatan yang ada, sebelum Tuhan mengambil kesempatan itu dari kita.
Memang sih…. Belajar dan belajar itu adalah hal yang sangat membosankan dan melelahkan tapi inget satu hal Bro? ketika kamu nanti sudah lulus dan memasuki dunia yang sesunguhnya yaitu dunia kerja. Maka disana akan kamu sadari kalo masa bangku sekolah itu adalah masa yang akan selalu kamu rindukan, jadi nikmatilah sekarang, jangan dibuat beban, enjoy aja dengan apa yang kita lakukan sekarang. Karna ketika kamu sudah memasuki dunia yang sesungguhnya yaitu dunia kerja, disana kamu akan berlomba-lomba dengan yang lainnya untuk mencari jati diri. Akan banyak planning yang akan kamu kerjakan. Misalnya: Bagaimana kamu harus mendapatkan pekerjaan yang nyaman dengan penghasilan yang banyak? Rencana untuk membangun rumah tangga? Biaya keperluan rumah tangga? Kebutuhan anak dan menafkahi keluarga, dll. Semua itu akan kamu pikirkan di masa depan. Apakah dengan hal seperti itu sekarang kamu masih mau bersantai-santai di rumah? bermanja-manja kepada orang tua? dan malas untuk belajar? Lalu, kalo seperti itu mau dikemanakan masa depanmu nanti? Terlebih jika kalian adalah seorang cowok yang dimana nantinya kalian lah yang menjadi tulang punggung keluarga. Gitu itu masih mau bersantai-santi? Aku rasa lelaki sejati tidak akan tinggal diam ketika dia menyadari bahwa nantinya dial ah yang akan menjadi imam dan tulang punggung keluarga. Sekarang tinggal berkaca aja, apakah kalian termasuk lelaki sejati atau bukan. Di jaman era globalisasi ini persaingan pekerjaan semakin berat. Aku rasa kalian perlu banyak hal yang harus di persiapkan untuk bertarung di masa depan nantinya.

Belajarlah dari pengalaman orang tua. jika finansial orang tua kita kurang baik maka kita lah harapan mereka untuk memperbaiki kekurangan itu. Namun jika finansial orang tua kita memadai, jangan malah mengendorkan semangat kalian untuk sukses. Justru dengan hal itu kalian harus termotivasi tinggi untuk melampaui apa yang telah di dapatkan orang tua kalian.
Orang tua selalu menasehati kita itu bukan karna mereka itu cerewet, melainkan orang tua kita itu ingin kita tumbuh menjadi orang yang sukses. Mereka tidak ingin pengalaman pahit mereka di rasakan juga oleh anak-anaknya. Orang tua adalah orang yang lebih dulu hidup sebelum kita. mereka lebih tau apa yang terbaik untuk anak-anaknya dan orang tua juga adalah tangan Tuhan di dunia. Jika kamu mendapat ridho dari orang tua maka disanalah karunia Tuhan akan selalu mengalir untuk mu. Jangan pernah lupakan orang tua, minta selalu doanya karna merekalah kalian terlahir di dunia ini, karna mereka lah kalian bisa sampai seperti saat ini dan mereka? Adalah moment terbaik yang pernah singgah di dalam kisah hidup kalian.

Aku tau setiap orang memiliki jalan hidup tersendiri untuk hidup, begitu juga dengan kesuksesan mereka di masa depan. Tiap orang memiliki caranya tersendiri. Namun yang aku maksudkan disini hanya lah sekedar membagikan sebuah cerita inspiratif untuk kalian. Siapa tau hal itu bisa membuat semangat kalian semakin berkobar. Tidak bermaksud sok bijak ataupun cari muka. Disini aku hanya meluapkan apa yang sedang aku pikirkan. Terakhir pesan dari ku sebelum aku mengakhir catatan kali ini adalah:

“Untuk mendapatkan sesuatu yang indah di perlukan pengorbanan dan usaha yang begitu keras untuk mendapatkannya. Sama hal nya dengan kesuksesan kita di masa depan. Di perlukan usaha dan pengorbanan untuk kita dapat meraihnya. Kita capek? Itu pasti? Kita lelah? Itu juga iya dan segala bentuk rintangan yan menghadang kita untuk sukses. Namun jangan jadikan semua keluhan itu benteng untuk menahan laju kita untuk sukses. Jangan biarkan keluahan itu menghentikan langkah kita untuk sukses. Sekarang kalian tinggal pilih, capek sekarang namun di masa depan kau akan memetik kebahagian atau kalian bersantai-santai sekarang dan menderita di masa depan? Pikirkan itu baik-baik… jika kau memiliki orang yang kamu sayangi dan kamu ingin membahagiakannya tentu kamu tau jawabannya. Tanyakan pada hati nurani mu dan biarkan akal sehat menuntun mu. Insyaallah jika kita bersungguh-sungguh tidak ada yang tidak mungkin yang dapat kita lakukan di dunia ini. Tuhan tidak tidur dia selalu melihat bagaimana seorang hambanya berusaha dan mendengar setiap doa hambanya yang selalu dia panjatkan.”

Aku rasa cukup sekian catatan ku kali ini. Semoga bisa bermanfaat dan mendapat hikmah dari catatan yang tidak sempurna ini, mohon maaf jika ada kesalahan dan kekurangannya karna disini aku juga belajar bukan ahlinya jadi mohon di maklumi. J

Fighting for your future. Do your best Broooo!!!!!!

“Sebuah kesukses-san sejati adalah sukses yang tak hanya di dedikasikan untukdirinya sendiri melainkan sukses juga untuk orang lain.”
By: Riyan Autogenstic


oleh karna itu bantu share ke yang lain boleh teman, keluarga, kerabat, dll. Agar mereka bisa termotivasi untuk sukses bersama kalian. Terima kasih…….





Tidak ada komentar:

Posting Komentar